Rencana Strategis


No
Indikator Visi
Misi
Tujuan
1.

Berprestasi Dalam Pengembangan dan Pelaksanaan Standar Isi.
1.   Melaksanakan pengembangan kurikulum satuan pendidikan
v  Peningkatan pemahaman guru dan siswa tentang kurikulum satuan pendidikan mengacu sekolah bertarap standar nasional.



v  Peningkatan pemahaman guru dan siswa tentang muatan kurikulum nasional dan muatan lokal




v  Terdokumentasikan kurikulum satuan pendidikan yang dijalankan di sekolah (kurikulum berbasis kompetensi), baik kurikulum nasional maupun kurikulum lokal.



v  Tersedianya perangkat pembelajaran secara lengkap (pemetaan, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran), untuk semua mata pelajaran dan semua kelas


2.   Melaksanakan pengembangan dan penyusunan kalender pendidikan
v  Penetuan hari efektif dan hari libur umum, libur khusus dan kegiatan sekolah
v  Peningkatan efektifitas penggunaan waktu belajar


3.   Melaksanakan pengembangan pemetaan KBK untuk semua mata pelajaran
v  Terdokumentasikan peta pelaksanaan KBK pada semua mata pelajaran dan semua jenjang kelas


4.   Melaksanakan pengembangan silabus untuk semua mata pelajaran
v  Semua semua mata pelajaran memiliki silabus


5.   Melaksanakan pengembangan sistem penilaian untuk semua mata pelajaran
v  Peningkatan sistem penilaian mengacu pada authentic assesment
v  Peningkatan standar penilaian pada semua mata pelajaran dan jenjang kelas


6.   Melaksanakan Pengembangan rencana pelaksanan pembelajaran untuk semua mata peajaran
v  Peningkatan kelengkapan administrasi rencana pelaksanaan pembelajaran
v  Terdokumentasikan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk semua mata pelajaran dan jenjang kelas


7.   Melaksanakan pengembangan dan Penyusunan beban belajar
v  Menentukan beban  belajar bagi peserta didik, sesuai dengan potensi dan perkembangan psikologis siswa



v  Terdokumentasikan  sejumlah materi dan pokok bahasan yang harus diselesaikan oleh peserta didik sesuai jenjang kelas pada semua mata pelajaran
2.
Berprestasi Dalam Peningkatan Standar Proses Pendidikan
1.   Pengembangan dan inovasi-inovasi metode pengajaran pada semua mata pelajaran, khususnya penerapan metode atau strategi pembelajaran kotekstual atau CTL
v  Peningkatan pengembangan perencanaan proses pembelajaran mengacu SNP
v  Peningkatan penggunaan strategi pembelajaran CTL pada semua mata pelajaran dan jenjang kelas


2.   Pengembangan bahan pembelajaran
v  Peningkatan pemanfaatan semua potensi sekolah sebagai bahan pelajaran mengacu pada pembelajaran contekstual



3.   Pengembangan sumber pembelajaran
v  Peningkatan inovasi sumber pembelajaran, baik secara kualitas maupun kuantitas


4.   Pengembangan model-model pengelolaan atau manajemen kelas
v  Peningkatan inovasi-inovasi model-model pengelolaan atau manajemen kelas
3.
Berprestasi dalam Pelaksanaan dan Pengembangan Standar Kompetensi Lulusan
1.   Pengembangan standar kelulusan.
v  Peningkatan standar kelulusan mengacu pada standar kelulusan nasional
v  Peningkatan rata-rata GSA + 0,1 setiap tahun.


2.   Pengembangan standar  ketuntasan kompetensi pada setiap tahun atau semester
v  Peningkatan pencapaian ketuntasan kompetensi untuk semua mata pelajaran


3.   Pengembangan kejuaraan lomba-lomba.
v  Peningkatan prestasi dalam setiap dalam lomba akademik



v  Peningkatan prestasi dalam setiap dalam lomba non-akademik
4.
Berprestasi dalam Pelaksanaan dan Pengembangan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1.   Pengembangan kompetensi pendidik
v  Peningkatan kompetensi  profesionalisme pendidik


v  Peningkatan kompetensi  pedagogik pendidik


v  Peningkatan kompetensi  sosial pendidik



v  Peningkatan kompetensi  kepribadian pendidik


2.   Pengembangan kompetensi tenaga TU
v  Peningkatan kompetensi tenaga TU 


3.   Pengembangan kompetensi kepala sekolah
v  Peningkatan kompetensi kepala sekolah sesuai standar nasional pendidikan


4.   Pengembangan atau pelaksanaan monitoring dan evaluasi oleh kepala sekolah terhadap kinerja pendidik, tenaga TU dan kegiatan lainnya.
v  Terselenggaranya monitoring dan evaluasi terhadap kinerja pendidik dan TU oleh kepala sekolah
v  Terselenggaranya monitoring dan evaluasi terhadap kinerja kepala sekolah


5.   Pengembangan  kuantitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
v  Peningkatan kuantitas tenaga pendidik dan kependidikan sesuai rasio kebutuhan sekolah per mata pelajaran
5
Berprestasi dalam pelaksanaan dan pengembangan standar Sarana dan Prasarana
1.   Pengembangan media pembelajaran untuk semua mata peajaran
v  Peningkatan jumlah ketersediaan media pembalajaran sesuai kebutuhan mata pelajaran
v  Peningkatan inovasi-inovasi media pembelajaran untuk semua mata pelajaran


2.   Pengembangan peralatan pembelajaran untuk semua mata peajaran
v  Peningkatan jumlah ketersediaan peralatan dan bahan habis pakai untuk semua mata pelajaran
v  Terdapat inovasi-inovasi media pembelajaran


3.   Pengembangan prasarana  pendidikan dan atau pembelajaran
v  Peningkatan jumlah ruang belajar sesuai rasio siswa,
v  Peningkatan jumlah  laboratorium komputer,
v  Peningkatan jumlah ruang ketrampilan,
v  Peningkatan jumlah  ruang multi media.


4.   Pengembangan lingkungan belajar.
v  Terpeliharanya lingkungan belajar yang kondusif


5.   Pengembangan peralatan laboratorium.
v  Peningkatan jumlah peralatan laboratorium komputer,
v  Peningkatan jumlah peralatan laboratorium IPA,
v  Peningkatan jumlah peralatan laboratoriumLab. Bahasa



6.   Pengembangan jaringan internet.
v  Tersedianya jaringan internet dan dapat dimanfatkan oleh ;  peserta didik, pendidik, maupun tenaga kependidikan



7.   Pengembangan perawatan sarana dan prasarana pendidikan
v  Terpeliharanya sarana dan prasarana pendidikan sehingga dapat difungsikan secara optimal.

6.
Berprestasi dalam pelaksanaan dan pengembangan standar Pengelolaan
1.   Pengembangan atau penyusunan rencana pengembangan sekolah (RPS) untuk jangka pendek, menengah maupun panjang
v  Tersusunnya rencana strategis sekolah
v  Tersusunnya rencana operasional sekolah sekolah



2.   Pengembangan pendayagunan Sumbar Daya sekolah.
v  Peningkatan pemberdayaan sumber daya sekolah
v  Peningkatan tanggung jawab dan peran serta  unsur-unsur sekolah.


3.   Pengembangan struktur dan keorganisasian sekolah.
v  Peningkatan job description seumber daya sekolah
v  Terciptanya alur dan struktur kelembagan dengan tatanan kerja birokratis


4.   Pengembangan pembelajaran secara efektif dan efesien
v  Peningkatan efektifitas  pembelajaran.
v  Peningkatan efesiensi dalam pembelajaran.


5.   Pengembangan administrasi sekolah
v  Terciptanya kelengkapan administrasi sekolah dan dapat mendukung operasional sekolah.


6.   Pengembangan Implementasi MBS.
v  Peningkatan kemandirian/ otonomi sekolah,
v  Peningkatan  transparansi, dan akuntabilitas pengelolaan sekolah,
v  Peningkatan partisipasi/ kerjasama stake-holder dalam pengelolaan sekolah,
v  Peningkatan fleksibilitas, dan kontinuitas pengelolan sekolah.


7.   Pengembangan monitoring dan evaluasi sekolah.
v  Peningkatan kinerja sekolah


8.   Pengembangan supervisi klinis oleh kepala sekolah
v  Peningkatan peran kepala sekolah sebagai supervisor


9.   pengembangan jaringan  kerja yang efektif dan efesien.
v  Peningkatan kerjasama secara efektif dan efesien terhadap unsur internal dan eksternal sekolah.



10.     Pengembangan  manajemen sekolah
v  Peningkatan efektifitas implementasi POAC dalam  manajemen sekolah

7.

Berprestasi dalam pengembangan standar pembiayaan pendidikan
1.   Pengembangan jalinan kerja dengan penyandang dana, baik donatur tetap maupun tidak tetap

v  Peningkatan jalinan kerjasama dengan penyandang dana


2.   Pengembangan Penggalangan dana dari berbagai sumber termasuk dari sponsor

v  Peningkatan ketersediaan dana pengelolaan pendidikan


3.   Pendayagunaan potensi sekolah dan lingkungan yang menghasilkan keuntungan ekonomik

v  Peningkatan pendayagunaan potensi sekolah dalam menghasilkan keuntungan ekonomik
8.
Berprestasi dalam pengembangan  Standar penilaian pendidikan.
1.   Pengembangan perangkat model-model penilaian pembelajaran.
v  Terdokumentasikan perangkat penilaian pembelajaran
v  Terdokumentasikan bank-bank soal



2.   Pengembangan instrumen atau perangkat soal-soal untuk berbagai model evaluasi
v  Peningkatan implementasi model evaluasi pembelajaran melalui ulangan harian, ulanngan tengah smester, ulangan akhir smester.



3.   Pengembangan standar nilai atau ketuntasan kompetensi.
v  Peningkatan ketuntasan dan kompetensi lulusan

9
Berprestasi dalam pengembangan Budaya dan lingkungan sekolah
1.   Pengembangan Budaya bersih
v  Peningkatan Budaya Bersih bagi semua warga sekolah


2.   Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah, rindang dan sejuk
v  Peningkatan lingkungan sehat asri, indah rindang dan sejuk


3.   Pengembangan pemenuhan sistem sanitasi/drainase
v  Peningkatan pemenuhan sistem sanitasi/drainase