No
|
Indikator Visi
|
Misi
|
Tujuan
|
1.
|
Berprestasi Dalam Pengembangan dan Pelaksanaan
Standar Isi.
|
1. Melaksanakan
pengembangan kurikulum satuan pendidikan
|
v
Peningkatan pemahaman guru dan siswa tentang kurikulum
satuan pendidikan mengacu sekolah bertarap standar nasional.
|
|
|
|
v
Peningkatan pemahaman guru dan siswa tentang muatan
kurikulum nasional dan muatan lokal
|
|
|
|
v Terdokumentasikan
kurikulum satuan pendidikan yang dijalankan di sekolah (kurikulum berbasis
kompetensi), baik kurikulum nasional maupun kurikulum lokal.
|
|
|
|
v Tersedianya perangkat
pembelajaran secara lengkap (pemetaan, silabus, rencana pelaksanaan
pembelajaran), untuk semua mata pelajaran dan semua kelas
|
|
|
2.
Melaksanakan pengembangan dan penyusunan kalender
pendidikan
|
v Penetuan hari efektif
dan hari libur umum, libur khusus dan kegiatan sekolah
v Peningkatan efektifitas
penggunaan waktu belajar
|
|
|
3.
Melaksanakan pengembangan pemetaan KBK untuk semua mata
pelajaran
|
v Terdokumentasikan peta
pelaksanaan KBK pada semua mata pelajaran dan semua jenjang kelas
|
|
|
4.
Melaksanakan pengembangan silabus untuk semua mata
pelajaran
|
v
Semua semua mata pelajaran
memiliki silabus
|
|
|
5.
Melaksanakan pengembangan sistem penilaian untuk semua
mata pelajaran
|
v
Peningkatan sistem penilaian mengacu pada authentic
assesment
v
Peningkatan standar penilaian pada semua mata pelajaran
dan jenjang kelas
|
|
|
6. Melaksanakan
Pengembangan rencana pelaksanan pembelajaran untuk semua mata peajaran
|
v Peningkatan kelengkapan
administrasi rencana pelaksanaan pembelajaran
v Terdokumentasikan
rencana pelaksanaan pembelajaran untuk semua mata pelajaran dan jenjang kelas
|
|
|
7. Melaksanakan
pengembangan dan Penyusunan beban belajar
|
v Menentukan beban belajar bagi peserta didik, sesuai dengan
potensi dan perkembangan psikologis siswa
|
|
|
|
v Terdokumentasikan sejumlah materi dan pokok bahasan yang
harus diselesaikan oleh peserta didik sesuai jenjang kelas pada semua mata
pelajaran
|
2.
|
Berprestasi Dalam Peningkatan Standar Proses
Pendidikan
|
1. Pengembangan dan
inovasi-inovasi metode pengajaran pada semua mata pelajaran, khususnya
penerapan metode atau strategi pembelajaran kotekstual atau CTL
|
v
Peningkatan pengembangan perencanaan proses
pembelajaran mengacu SNP
v
Peningkatan penggunaan strategi pembelajaran CTL pada
semua mata pelajaran dan jenjang kelas
|
|
|
2. Pengembangan bahan
pembelajaran
|
v Peningkatan pemanfaatan
semua potensi sekolah sebagai bahan pelajaran mengacu pada pembelajaran
contekstual
|
|
|
3. Pengembangan sumber pembelajaran
|
v
Peningkatan inovasi sumber pembelajaran, baik secara
kualitas maupun kuantitas
|
|
|
4. Pengembangan
model-model pengelolaan atau manajemen kelas
|
v Peningkatan
inovasi-inovasi model-model pengelolaan atau manajemen kelas
|
3.
|
Berprestasi dalam Pelaksanaan dan Pengembangan Standar
Kompetensi Lulusan
|
1. Pengembangan standar
kelulusan.
|
v Peningkatan standar
kelulusan mengacu pada standar kelulusan nasional
v Peningkatan rata-rata
GSA + 0,1 setiap tahun.
|
|
|
2. Pengembangan
standar ketuntasan kompetensi pada
setiap tahun atau semester
|
v Peningkatan pencapaian
ketuntasan kompetensi untuk semua mata pelajaran
|
|
|
3. Pengembangan kejuaraan
lomba-lomba.
|
v Peningkatan prestasi
dalam setiap dalam lomba akademik
|
|
|
|
v Peningkatan prestasi
dalam setiap dalam lomba non-akademik
|
4.
|
Berprestasi dalam Pelaksanaan dan Pengembangan Standar
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
|
1. Pengembangan kompetensi
pendidik
|
v Peningkatan
kompetensi profesionalisme pendidik
|
|
|
v Peningkatan
kompetensi pedagogik pendidik
|
|
|
|
v Peningkatan
kompetensi sosial pendidik
|
|
|
|
|
v Peningkatan
kompetensi kepribadian pendidik
|
|
|
2. Pengembangan kompetensi
tenaga TU
|
v Peningkatan kompetensi
tenaga TU
|
|
|
3. Pengembangan kompetensi
kepala sekolah
|
v Peningkatan kompetensi
kepala sekolah sesuai standar nasional pendidikan
|
|
|
4. Pengembangan atau
pelaksanaan monitoring dan evaluasi oleh kepala sekolah terhadap kinerja
pendidik, tenaga TU dan kegiatan lainnya.
|
v Terselenggaranya
monitoring dan evaluasi terhadap kinerja pendidik dan TU oleh kepala sekolah
v Terselenggaranya
monitoring dan evaluasi terhadap kinerja kepala sekolah
|
|
|
5. Pengembangan kuantitas tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan.
|
v Peningkatan kuantitas
tenaga pendidik dan kependidikan sesuai rasio kebutuhan sekolah per mata
pelajaran
|
5
|
Berprestasi dalam pelaksanaan dan pengembangan standar
Sarana dan Prasarana
|
1. Pengembangan media
pembelajaran untuk semua mata peajaran
|
v Peningkatan jumlah
ketersediaan media pembalajaran sesuai kebutuhan mata pelajaran
v Peningkatan
inovasi-inovasi media pembelajaran untuk semua mata pelajaran
|
|
|
2. Pengembangan peralatan
pembelajaran untuk semua mata peajaran
|
v Peningkatan jumlah
ketersediaan peralatan dan bahan habis pakai untuk semua mata pelajaran
v Terdapat
inovasi-inovasi media pembelajaran
|
|
|
3. Pengembangan
prasarana pendidikan dan atau
pembelajaran
|
v Peningkatan jumlah ruang
belajar sesuai rasio siswa,
v Peningkatan jumlah laboratorium komputer,
v Peningkatan jumlah
ruang ketrampilan,
v Peningkatan jumlah ruang multi media.
|
|
|
4. Pengembangan lingkungan
belajar.
|
v Terpeliharanya
lingkungan belajar yang kondusif
|
|
|
5. Pengembangan peralatan
laboratorium.
|
v Peningkatan jumlah
peralatan laboratorium komputer,
v Peningkatan jumlah
peralatan laboratorium IPA,
v Peningkatan jumlah
peralatan laboratoriumLab. Bahasa
|
|
|
6. Pengembangan jaringan
internet.
|
v Tersedianya jaringan
internet dan dapat dimanfatkan oleh ;
peserta didik, pendidik, maupun tenaga kependidikan
|
|
|
7. Pengembangan perawatan
sarana dan prasarana pendidikan
|
v Terpeliharanya sarana
dan prasarana pendidikan sehingga dapat difungsikan secara optimal.
|
6.
|
Berprestasi dalam pelaksanaan dan pengembangan standar
Pengelolaan
|
1. Pengembangan atau
penyusunan rencana pengembangan sekolah (RPS) untuk jangka pendek, menengah
maupun panjang
|
v Tersusunnya rencana
strategis sekolah
v Tersusunnya rencana
operasional sekolah sekolah
|
|
|
2. Pengembangan pendayagunan
Sumbar Daya sekolah.
|
v Peningkatan
pemberdayaan sumber daya sekolah
v Peningkatan tanggung
jawab dan peran serta unsur-unsur
sekolah.
|
|
|
3. Pengembangan struktur
dan keorganisasian sekolah.
|
v Peningkatan job
description seumber daya sekolah
v Terciptanya alur dan
struktur kelembagan dengan tatanan kerja birokratis
|
|
|
4. Pengembangan pembelajaran
secara efektif dan efesien
|
v Peningkatan
efektifitas pembelajaran.
v Peningkatan efesiensi
dalam pembelajaran.
|
|
|
5. Pengembangan
administrasi sekolah
|
v Terciptanya kelengkapan
administrasi sekolah dan dapat mendukung operasional sekolah.
|
|
|
6. Pengembangan
Implementasi MBS.
|
v Peningkatan
kemandirian/ otonomi sekolah,
v Peningkatan transparansi, dan akuntabilitas pengelolaan
sekolah,
v Peningkatan partisipasi/
kerjasama stake-holder dalam pengelolaan sekolah,
v Peningkatan fleksibilitas,
dan kontinuitas pengelolan sekolah.
|
|
|
7. Pengembangan monitoring
dan evaluasi sekolah.
|
v Peningkatan kinerja
sekolah
|
|
|
8. Pengembangan supervisi
klinis oleh kepala sekolah
|
v Peningkatan peran
kepala sekolah sebagai supervisor
|
|
|
9. pengembangan jaringan kerja yang efektif dan efesien.
|
v Peningkatan kerjasama
secara efektif dan efesien terhadap unsur internal dan eksternal sekolah.
|
|
|
10.
Pengembangan manajemen sekolah
|
v Peningkatan efektifitas
implementasi POAC dalam manajemen
sekolah
|
7.
|
Berprestasi dalam pengembangan standar pembiayaan
pendidikan
|
1. Pengembangan jalinan
kerja dengan penyandang dana, baik donatur tetap maupun tidak tetap
|
v Peningkatan jalinan
kerjasama dengan penyandang dana
|
|
|
2. Pengembangan Penggalangan
dana dari berbagai sumber termasuk dari sponsor
|
v Peningkatan
ketersediaan dana pengelolaan pendidikan
|
|
|
3. Pendayagunaan potensi
sekolah dan lingkungan yang menghasilkan keuntungan ekonomik
|
v Peningkatan
pendayagunaan potensi sekolah dalam menghasilkan keuntungan ekonomik
|
8.
|
Berprestasi dalam pengembangan Standar penilaian pendidikan.
|
1. Pengembangan perangkat
model-model penilaian pembelajaran.
|
v Terdokumentasikan
perangkat penilaian pembelajaran
v Terdokumentasikan
bank-bank soal
|
|
|
2. Pengembangan instrumen
atau perangkat soal-soal untuk berbagai model evaluasi
|
v Peningkatan
implementasi model evaluasi pembelajaran melalui ulangan harian, ulanngan
tengah smester, ulangan akhir smester.
|
|
|
3. Pengembangan standar
nilai atau ketuntasan kompetensi.
|
v Peningkatan ketuntasan
dan kompetensi lulusan
|
9
|
Berprestasi dalam pengembangan Budaya dan
lingkungan sekolah
|
1.
Pengembangan Budaya bersih
|
v Peningkatan Budaya
Bersih bagi semua warga sekolah
|
|
|
2.
Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah, rindang dan
sejuk
|
v Peningkatan lingkungan
sehat asri, indah rindang dan sejuk
|
|
|
3.
Pengembangan pemenuhan sistem sanitasi/drainase
|
v Peningkatan pemenuhan
sistem sanitasi/drainase
|
Rencana Strategis
Langganan:
Postingan (Atom)